Monday, December 10, 2012

CARA BUDIDAYA TANAMAN SEMANGKA TANPA BIJI

Cara Budidaya Tanaman Semangka Tanpa BijiSemangka ( Citrullus lanatus ) sangat cocok di tanam di daerah tropis seperti Indonesia dan dapat di tanam sepanjang tahun,tumbuhan ini toleran di daerah panas serta untuk mendapat pertumbuhan yang baik membutuhkan iklin kering dan banyak cahya matahari suhu yang ideal untuk semngaka pada kisaran 25 derajat sampai dengan 30 derajat Celsius.
Tanaman Semangka
Langkah –langkah bertanam Semangka tanpa biji :
  • Persiapan Lahan
Tanah di olah duakali sampai gembur betul dengan membuat bedengan berukuran  1,5 m x 2 m atau dapat juga 3 m x 4 m jarak bedengan kisaran 30 cm untuk pengolahan pupuk kandang di campur sebgai pupuk dasar dengan komposisi 12 sampai 20 ton/hektar selanjutnya di buat lubang sesuai jarak tanam 100cm dapat juga di tambah pukpuk kimia berupa Uera 20 kg,TSP 140 kg dan KCL 230 kg dalam 1 hektar yang di tebar antara jarak 5 sampai 8 cm pada posisi bibit yang di tanam.
  • Cara Penanaman
Agar dapat menghasilkan buah yang baik bunga semnagka 3n diserbuk silang dengan tepung sari dari semngaka lain yang subur,ada baiknya semngaka 3n harus di tanam bersama dengan semngaka 2n yang dapat memberikan tepung sari untuk pembuahan.
  • Perawatan
Kalau di amati secara seksama tidak banyak perbedaan dengan menanam semnagka pada umumnya.Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan perlu di lakukan :
-         Pemberian Mulsa
Dalam pemberikan mulsa sangat di anjurkan dalam menanam semnagka di daerah tropis.
Funsi Mulsa pada tanaman semnagka :
  1. Mencegah atau mengurangi pertumbuhan gulma dan
  2. Mempertahankan air tanah serta
  3. Mencegah hilangnya nutrisi yang terkandung dalam tanah
  4. Memperbaiki erosi tanah
  5. menopang batang semangka yang menjalar tanaman dan buah
  6. Untuk menjaga buah semangka tidak langsung kontak denga tanah,karena buah yang terkena tanah mengakibatkan mudah bususk dan terinfeksi penyakit.
-         Penyerbukan Silang
Semangka 3n menghasilakan tepung sari yang bersih dan steril untuk pembuahan harus di silngakan dengan semangka 2n ada baiknya di samping tanaman semangka ada lebah madu yang dapat membantu penyerbukan silang ini.
-         Pemupukan
Tanaman semngaka tidak cukup dengan pupuk dasar saja sesuai dengan yang ada sebainya di lakukan pemupukan 3 kali selama masa tanam.
-         Pengairan
Selama masa pertumbuhan semangka sangat membutuhkan air bahkan pad saat tanam muda air harus selalu mencukupi dan juga jika bunga sudah bermunculan pemberiak air sedikit di krangi untuk menunjang dan memperbaiaki proses pemebentukan buah.
-         Perawatan buah
Pada masa satu bulan tanam bunga pada semangka sudah bermunculan untuk bunga pertama sampai ketiga pada umumnya jantanselanjutnya baru muncul bunga betina untuk pembentukan buah dapat di rangsang dengan cara pemontesan ,jangan biarkan bunga-bunga menjadi banyak pada saat mulai terbentuk ada baiknya untuk mendapatkan kualitas buah yang besar batasi jumlah buah dalam 1 batang semangka.Untuk buah yang masih muda seringlah di di bolak balik sampai matang hal ini untuk mencegah belang pada buah yang setidaknya menguarang daya minat konsumen.
Demikian Cara Budidaya Tanaman Semangka Tanpa Biji semoga menjadi bermanfaat terutama untuk petani kecil semagka untuk mengulas tentang hama dan penyakit semagka  di kupas pada artikel selanjutnya.

1 comment:

  1. Klo smangka dengan merek yg berbeda bisa jadi g perkawinannya..

    ReplyDelete